Friday, January 30, 2009

Masjid Fasah /Masjid Ijabah


Masjid Ijabah

MASJID lainnya adalah Masjid Al Ijabah. Masjid ini juga disebut masjid bani Mu\'awiyah karena berada di perkampungan kaum Anshar, bani Mu'awiyah bin Malik bin Rauf. Masjid ini dinamakan Masjid Ijabah, karena Rasulullah SAW berdoa dalam masjid ini tiga kali, kemudian Allah SWT mengabulkan dua doanya dan menolak yang ketiga.

Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah bersada aku meminta kepada Tuhanku tiga hal, Ia memberiku dua hal dan menolak satu hal. Aku meminta kepada Tuhanku agar tidak membinasakan umatku dengan kelaparan, Ia mengabulkannya, aku meminta kepada-Nya agar tidak membinasakan umatku dengan banjir besar, maka Dia mengabulkannya. Aku meminta kepada-Nya agar tidak dijadikan petaka umatku karena perselisihan sesama mereka, Dia menolaknya. (HR Muslim 2890).

Sholat di Masjid Al Ijabah terasa menenteramkan hati. Waktu kami sempat ikut sholat Ashar berjamaah di masjid ini.

Masjid Al Ijabah berada sekitar 385 meter sebelah utara pemakanam Baqi, atau sekitar 580 meter dari Masjid Nabawi. Masjid ini dipugar oleh Raja Fahd bin Abdul Azis pada 1418 H/1977. Luas masjid ini sekitar 1.000 meter persegi, beratap, dan pada bagian depan masjid terdapat kubah setinggi 13,7 meter, dilengkapi menara setinggi 33,75 meter.

Masjid Al Jumuah. Dinamakan demikian karena Rasulullah SAW pertama kali melaksanakan sholat Jumat di masjid ini ketika datang dari perkampungan Quba menuju Madinah Al Munawwaroh. Nama lain masjid ini juga disebut Masjid Bani Sali, Masjid Al Wadi, Masjid Al Ghubaib, dan Masjid Atikah.(rusli haudy)





Masjid Fasah

No comments:

Post a Comment